Persiapan Membuat Landing
Page
Apa
aja sh sebenernya yang harus disipkan saat membuat landing page??? ada yang
bertanya2 seperti ini?? ok langsung saja di bawah ini merupakan rangkuman
persiapan membuat landing page yang di rangkum dari berbagai sumber
1. Terlebih Dahulu Pahami LandingPage
secara garis besar landing page merupakan sebuah halaman web yang didesain
secara khusus untuk dapat mengubah status seorang pengunjung website menjadi
potensial buyer (leads). Setidaknya, ada dua hal dasar yang menjadikan
sebuah laman dapt dikategorikan sebagai landing page, 2 hal tersebut ialah:
- Memiliki tujuan utama untuk mengkonversi pengunjung
laman website agar menjadi potensial buyer (leads).
- Adanya form yang dapat diisi oleh pengunjung yang berminat pada produk/jasa yang ditawarkan.
2. Tentukan satu tujuan dari landing page
Hanya
satu??? Iya satuuu, lanjut
Landing
page anda harus punya 1 tujuan akhir, sekali lagi hanya satu, misalnya: Memasukkan
alamat email, Mendaftarkan akun, Pembelian produk, Mendaftar seminar atau Download
sebuah file.
Kalau
anda punya lebih dari 1 tujuan, maka copywriting yang anda buat tidak akan
terlihat oleh calon kunsumen.
Dan
pembaca akan bingung sehingga mereka bisa jadi malah memutuskan untuk tidak
melakukan sesuatu sama sekali.
Jika
sudah selesai menentukan tujuannya, maka semua komponen landing page yang akan
anda buat mengarahkan ke satu tujuan tersebut.
Ada
pertanyaan “Lalu bagaimana solusinya kalau saya punya lebih dari 1 tujuan?” ok
begini:
Buat
lebih dari 1 landing page.
Simpelnya
seperti ini:
Ketika
ada yang membeli maka mereka harus mengkonfirmasi pembelian dan transfer uang
via email/telepon/sms.
Penjelasan
di atas ada 2 tujuan.
Tujuan
utama adalah pembelian, tujuan kedua adalah menghubungi.
Solusinya,
dalam landing page utama tujuan anda adalah membuat mereka mau membeli. Contohnya
adalah dengan memasang tombol pembelian yang terlihat menarik.
Ketika
tombol ini ditekan, mereka diarahkan ke cara membayar.
Setelah
pembayaran selesai, barulah mereka diarahkan lagi ke halaman konfirmasi
pemesanan.
Ini
akan jauh lebih efektif daripada semuanya anda tumpuk di satu halaman mulai
dari pembelian, cara membayar, dan cara konfirmasi.
Lihat juga: Contoh-contoh landing page
Biasanya
dan sudah pasti isi dari landing page adalah copywriting yang sangat menarik, jadi
bagi anda yang belum tahu mengenai apa itu
copywriting, secara singkat copywriting yang digunakan untuk landing page
adalah teks yang dibuat memang khusus untuk tujuan pemasaran dan mempengaruhi
konsumen untuk melakukan pembelian. Jangan pernah anggap remeh peranan
copywriting. Jangan pernah membuat landing page tanpa copywriting yang baik.
4. Gunakan Format Dan
Layout Yang Profesional
Membuat
landing page yang bagus dan baik artinya mengatur format dan layout dengan bagus
dan baik pula. Pilihlah format dan layout yang bagus, baik dan sesuai dengan
kebutuhan dan tujuan pemasaran produk anda.
Sedikit
saran, sebaiknya pilihlah tampilan layout yang sederhana namun berkesan, tidak
usah terlalu rumit karena akan membuat konsumen bingung. Anda tidak perlu
memakai tampilan layout yang terlihat penuh hingga tampak penuh. Cukup pilih
format layout yang sederhana namun mampu secara langsung menyampaikan apa yang
anda maksudkan.
Dan
yang terakhir dan paling penting adalah
5. Tambahkan Call To
Action (CTA)
Jangan
lupa untuk menambahkan CTA (Call To Action) apa itu CTA? Simpelnya itu adalah
tombol untuk konsumen melakukan pembelian, pada landing page anda. CTA (Call To
Action) ini sangat dibutuhkan agar nantinya pengunjung website anda bisa dengan
mudah melakukan tindakan yang anda inginkan.
Misalnya,
jika yang dinginkan adalah tindakan pembelian, maka anda harus menyiapkan
tombol “Beli Sekarang” dengan ukuran yang mudah dilihat, serta warna yang
terang. Begitu juga jika yang diinginkan adalah registrasi.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar